Kamis, 27 Oktober 2016

Pengertian dan Jenis Sistem Pemindah Tenaga

Sistem Pemindah Tenaga

Sudah tidak asing lagi bagi kita dengan alat trasnportasi mobil, tapi apakah anda tahu bagaimana mobil dapat bergerak? Mari kita bahas pengertian Sistem Pemindah Tenaga

Sistem tenaga juga disebut sebagai sistem pemindah daya mobil (power train), yang suatu mekanismenya memindahkan mesin ke roda. Umumnya ada dua jenis yang digunakan. Yaitu mesin depan penggerak belakang (front-engine rear drive) yang disingkat FR dan jenis mesin depan penggerak depan (front engine front drive) atau FF. Ada juga jenis lainnnya yaitu mesin tengah penggerak belakang (midship-engine rear drive) disingkat MR, dan jenis penggerak empat roda (4WD) four wheel drive. Jenis 4WD dibagi menjadi, jenis part time 4WD dan jenis full time 4WD.

Bagian Bagian Utama Sistem Pemindah Tenaga :

1. Transmisi berfungsi sebagai pengatur putaran motor dengan poros penggerak aksel agar momen putir begerak sesuai dengan yang diinginkan.
2. Kopling berfungsi untuk memutus dan menghubungkan tenaga atau putaran dari mesin ke trasnmisi.
3. Propoler shaft berfungsi menghubungkan dan meneruskan putaran dari transmisi ke differential atau gardan.
4. Difeerensial/gardan berfungsi memindah arah putaran poros propeller menjadi putaran maju mundur dan untuk menyeimbangkan putaran roda ketika berbelok.
5. Poros roda berfungsi untuk meneruskan putaran dari garden atau differential ke roda.

Baca juga :

  1. Tips Cara Merawat Kopling Mobil
  2. Pengertian Dan Cara Menggunakan Micrometer Sekrup
  3. Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri

Jenis-jenis sistem pemindah tenaga

1. Front Engine Rear Drive (FR)   
Yaitu posisi mesin berada di depan dan menggerakan roda belakang. Disebut tipe Front Engine Rear Drive (FR).
2. Front Engine Front Drive (FF)
Yaitu posisi mesin berada di depan dan menggerakan roda depan. Disebut tipe Front Engine Front Drive (FF).
3. Rear Engine Rear Drive (RR)     
Yaitu posisi mesin berada di belakang dan mesin tersebut menggerakan roda belakang. Disebut tipe Rear Engine Rear Drive (RR). Tipe Pemindah tenaga kendaraan ini sama dengan tipe Front Engine Front Drive (FF).
4. Four Wheel Drive (FWD)    
Yaitu mesin menggerakan roda kendaraan yang di depan dan di belakang. Tipe ini cocok untuk pengendara yang suka tantangan atau adrenaline dan biasanya mobil tipe ini digunakan di medan yang khusus untuk offroad.

Keuntungan Dan Kerugian Jenis-Jenis Sistem Pemindah Tenaga
Berikut ini keuntungan dan kerugian dari masing masing jenis dari system pemindah tenaga :
1. Sistem pemindah tenaga jenis Front Engine Rear Drive (FR)
Keuntungan : Kenyamanan baik ketika berada pada jalan beraspal.
Kerugian : Kemungkinan dapat terjadi slip bila beban pada aksel belakang tidak cukup besar.
2. Sistem pemindah tenaga jenis Rear Engine Rear Drive (RR)  
Keuntungan : Traksi baik ketika berada pada jalan yang licin.
Kerugian : Kemungkinan gejala slip besar, apabila pada aksel depan kurang beban.
3. Sistem pemindah tenaga jenis Front Engine Front Drive (FF)
Keuntungan : Jika terjadi slip roda masih stabil dan keamanannya tinggi, traksi juga tetap baik walaupun banyak sekali beban pada aksel roda depan.
4. Sistem pemindah tenaga jenis Four Wheel Drive (FWD)  
Keuntungan : traksi baik di segala jalan atau medan.
Kerugian : berat dan mahal.

Demikian artikel tentang Sistem Pemindah Tenaga semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar