Sabtu, 15 Oktober 2016

Cara Mengganti Ban Mobil Yang Baik

Cara Mengganti Ban Mobil 

Di saat berkendara kita pasti pernah mengalami kejadiaan ban mobil kita bocor dan sulit dibayangkan jika kita tidak mempunyai pengalaman dan pengetahuan apapun tentang cara mengganti ban.
Disini kita akan belajar bagaimana cara mengganti ban mobil menggunakan peralatan standar, langkah langkahnya dimulai dari persiapan hingga sampai siap melanjutkan perjalanan kembali.
Mengganti ban mobil yang bocor atau pecah adalah hal yang mendasar dan harus diketahui bagi si pengemudi mobil. Langsung saja kita praktekan bagaimana cara mengganti ban mobil yang bocor atau pecah.
cara mengganti ban mobil

Langkah – langkah Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri

Persiapan Keamanan Mobil

1. Parkirlah mobil ditempat yang permukaanya rata dan tempatnya yang cukup luas, Karena ini akan berbahaya bila kita mengganti ban mobil ditempat yang ramai.
2. Pastikan posisi mobil tidak bergerak, Jika mobil yang bocor menggunakan transmisi manual tempatkan transmisi ke gigi 1 atau R (reverse) dan tarik rem tangan. Jika mobil yang bocor menggunakan transmisi otomatis tempatkan transmisi pada posisi P (parking).
3. Jika mboil yang tempatnya berada ditanjakan, ganjal ban mobil dengan benda keras seperti batu atau kayu agar tidak bergerak.
4. Jangan lupa untuk menyalakan lamu hazard dan tempatkan segitiga pengaman bebrapa di belakang mobil.


Mempersiapkan Perlengkapan 

Beriku ini adalah beberapa perlengkapan yang sudah umum yang ada pada mobil. Alat alat ini adalah perlengkapan standar yang harus kita punyai.
Tempatkan alat alat ini didekat tempat kita bekerja nanti agar kita mudah menjangkaunya.
1. Ban Cadangan, Sebaiknya menggunakan ban cadangan yang ban itu adalah bawaan mobil itu sendiri (original)
2. Kunci Roda, Juga bisa menggunakan beberapa kunci yang lain selama ukuranya masih sama dengan baut roda mobil tersebut.
3. Dongkrak Mobil, Alat ini sangat manfaat digunakan untuk keadaan darurat seperti ini dan biasanya tersedia pada mobil.

Pengerjaan Penggantian Ban Mobil

1. Buka terkebih dahulu penutup roda, Jika terasa sulit boleh menggunakan obeng untuk membuka penutup roda dengan mencungkilnya.

2. Kendorkan bau, Kendorkan baut yang ada pada roda dengan menggunakan kunci roda. Cara melepaskannya dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Kendorkan dengan pola bersilang, misalnya ada 4 buah baut, kendorkan baut atas, lalu bawah, kiri dan kanan. Cukup kita kendorkan, jangan sampai terlepas dahulu.
3. Pasang Dongkrak, Memasang dongkrak harus pada posisi yang benar. Posisinya yang dianjurkan oleh buku manual.
4. Pastikan posisi dongkrak pada pada posisi tegak lurus dengan tanah, Naikkan dongkrak sampai roda terangkat agar roda mudah saat dilepaskan.
5. Lepaskan baut, lalu sekarang lepaskan semua baut roda dan kumpulkan pada satu wadah.
6. Tarik ban, Tarik dengan perlahan ban dari dudukannya dan letakkan ban pada posisi tidur.
7. Tempatkan ban cadangan, letakkan ban cadangan pada dudukan ban dan dorong masuk sambil digoyang perlahan. Pastikan agar posisinya pas dan tepat saat memasukannya.
8. Pasang kembali baut, pasang lagi baut dengan searah jarum jam dan jangan dikencangkan terlebih dahulu, karena jika langsung dikencangkan ban akan ikut berputar.
9. Turunkan dongkrak, Turunkan terlebih dahulu dongkrak hingga roda menyentuh tanah sepenuhnya.
10. Kencangkan baut, kencangkan baut pada roda dengan cara memasangnya dengan posisi menyilang. Pastikan baut telah terpasang kencang dengan menempatkan kunci roda pada posisi horizontal dan coba pijak batang kunci dengan kaki.
11. Setelah selesai, tempatkan ban yang bocor atau kempes di tempat ban cadangan serta simpan kembali semua perlengkapan di tempat semula. Sekarang anda siap untuk melanjutkan perjalanan.

Demikian artikel tentang CARA MENGGANTI BAN MOBIL YANG BAIK DAN BENAR Semoga dapat bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar