Sabtu, 15 Oktober 2016

Pengertian Dan Cara Menggunakan Micrometer Sekrup

Pengertian dan Cara Menggunakan Micrometer Sekrup

1. Pengertian

Micrometer adalah salah satu alat ukur yang dapat melihat dan mengukur benda dengan satuan ukur yang ketelitiannya 0.01mm.

2. Fungsi atau Kegunaan

Micrometer fungsinya untuk mengukur diameter benda, ketebalan benda, dan panjang benda yang kecil seperti aluminium, kawat, lempeng baja, dan lain sebagainya. Kegunaan utama nya ialah untuk mengukur besaran panjang dengan presisi lebih.

Baca Juga :

  1. Pengertian Dan Jenis Sistem Pemindah Tenaga
  2. Cara Mengganti Ban Mobil Yang Baik
  3. Inilah Bagian Bagian Sistem Pemindah Tenaga

3. Cara Menggunakan atau Mengukur

1. Buka pengunci, lalu buka celah antara spindle dan anvil lebih besar dari benda yang ingin diukur. Dengan cara memutar rachet knob.
2. Masukkan benda yang ingin diukur, masukkan benda yang ingin diukur diantara spindle dan anvil.
3. Gerakkan spindle kea rah benda kerja, caranya yaitu dengan memutar rachet knob sampai terdengar bunyi klik (cukup sampai benda tidak jatuh dan jangan terlalu kuat)
4. Kunci micrometer, kuncilah micrometer agar spindle tidak bergerak.
5. Keluarkan benda, keluarkan beda yang di ukur tadi dari mikrometer lalu baca skalanya.

4. Tingkat Ketelitian

Micrometer ini memiliki tingkat ketelitan yakni 0,01 mm.


5. Cara Membaca Skala dan Hasil

1. Posisi micrometer harus tegak lurus terhadap arah pandangan.
2. Baca skala utama pada micrometer (garis yang ada di bagian atas menunjukkan angka bulat dalam satuan mm, sedangkan garis yang berada di bawah menunjukkan bilangan setengah dalam satuan mm).
3. Baca skala nonius yakni garis yang tepat segaris dengan garis pembagi pada skala utama (50 bagian). Setelah itu hasilnya kalikan dengan ketelitian dari mikrometer, hasilnya adalah skala nonius.
4. Jumlahkan hasil pengukuran dari skala utama dengan skala noniusnya. Jarak strip di atas garis pada outer sleeve yaitu 1 mm, dan jarak strip di bawah garis yaitu 0.05 mm, Sedangkan nilai satu strip pada thimble adalah 0.01 mm. Nilai hasil ukur ialah jumlah pembacaan ketiga skala tersebut.

6. Bagian-bagian

• Poros Tetap (Anvil)
• Poros Geser (Spindle)
• Pengunci (Lock Clamp)
• Rangka/bingkai (Frame)
• Skala utama (Sleeve)
• Skala nonius (Thimble)
• Pemutar
• Rachet


7. Cara Merawat Micrometer

Setelah menggunakan Micrometer, bersihkan permukaannya dan bagian bagian yang lain, dan gunakanlah bahan anti korosi. Lalu micrometer sebaiknya disimpan dalam sebuah wadah yang berbentuk peti yang bahanya terbuat dari kayu. Simpan micrometer yang terbebas dari getaran sinar matahari langsung dan fluktuasi temperature.

Micrometer sekrup

0 komentar

Posting Komentar