Selasa, 18 Oktober 2016

Tips Cara Merawat Kopling Mobil

CARA MERAWAT KOPLING MOBIL

Kopling Mobil

Kopling yang ada pada mobil merupakan beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Komponen tersebut diantaranya adalah pelat kopling atau clutch disc, kampas kopling, matahari cover clutch) yang berfungsi sebagai pegas, leher kopling (release bearing), pedal kopling, penghubung (mekanik/hidrolik).

Prinsip cara kerjanya adalah saat pedal kopling ditekan maka putuslah putaran mesin sehingga putaran mesin tidak diteruskan ke transmisi karena kampas kopling dan fly wheel tidak saling bersinggungan, dan apabila pedal kopling dilepas maka putaran dari mesin langsung diteruskan ke transmisi.

Supaya kopling mobil tetap awet diperlukan beberapa cara merawat kopling mobil secara rutin dan cara mengendarai yang benar. Biasanya para pengemudi melakukan kebiasaan yang tidak benar sehingga membuat kopling lebih cepat mengalami kerusakan.

Contoh seperti hal ini adalah pengemudi meletakkan kaki di atas pedal kopling saat mobil berjalan, secara tidak langsung hal ini akan mempercepat terjadinya kampas kopling mengalami keausan pada system kopling. Untuk itu agar kopling tetap awet dan kopling selalu bekerja secara normal perhatikan cara merawatnya seperti berikut ini.

TIPS CARA MERAWAT KOPLING MOBIL

Tips Cara Merawat Kopling Mobil Agar Awet


1. Lakukan pengecekan secara rutin.
Cek dengan rutin pada system kopling, agar kopling dapat diketahui dengan cepat rusak atau tidaknya kopling tersebut.
2. Gunakan gigi 1 saat akan memulai berjalan
Hal ini bertujuan agar kopling tidak terbebani oleh beban yang berlebihan.
3. Berhenti dalam posisi normal
Disaat berhenti usahakan dalam posisi normal semisal pada saat dilampu merah.
4. Injak kopling sampai full
Hal ini bertujan agar kopling bekerja dengan sempurna yaitu antara kampas kopling dan fly wheel bisa terpisah secara sempurna.

Baca juga :

  1. Cara Merawat Transmisi Manual Mobil
  2. Tips Cara Merawat Kopling Mobil
  3. Cara Mengganti Oli Mobil Sendiri

Masalah masalah yang biasa terjadi pada kopling mobil :

Masalah yang biasanya terjadi pada kopling mobil ialah kopling mengalami slip yang disebabkan oleh ausnya kampas kopling. Efek dari kopling mengalami slip adalah mesin menjadi kurang bertenaga dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.
Masalah lain yang biasanya terjadi pada kopling mobil adalah kopling macet yang bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu seperti kabel kopling mengalami putus (mekanik) atau oli mengalami kebocoran (hidrolik) dan pedal kopling keras. Dengan melakukan hal hal diatas setidaknya masalah-masalah yang timbul bisa diketahui sejak dini dan juga membuat kopling pada mobil tetap awet.

Demikian beberapa Cara Merawat Kopling Mobil semoga bermanfaat !

0 komentar

Posting Komentar