Selasa, 04 Oktober 2016

Inilah Bagian Bagian Utama Mesin atau Engine

Bagian Bagian Mesin

1. Cylinder dan Block Cylinder

Cylinder adalah bagian dari sebuah mesin atau engine yang mengubah energy panas menjadi energy mekanik. Cylinder terdapat pada block cylinder yang merupakan sebuah rangka utama dari mesin. Block Cylinder terbuat dari besi tuang dengan paduan aluminium. Dengan seiring perkembangan tekhnologi sekarang ini, blok cylinder juga banyak yang terbuat dari aluminium alloy.

Di dalam sebuah Block Cylinder terdapat susunan silinder yang fungsinya untuk tempat naik turun piston. Pada bagian atas dari sebuah Block Cylinder biasanya ditutup dengan Cylinder Head atau Kepala Silinder. Pada Block Cylinder selain terpasang silinder juga terdapat water jacket atau jaket air yang fungsinya sebagai tempat jalur pendingin air, juga terdapat Jalur oli.





Baca Juga : 

2. Cylinder head / Kepala Cylinder

Kepala silinder / Cylinder Head terdapat di atas blok silinder. Yang fungsinya untuk menutup blok silinder sehingga terdapat ruang bakar yang dapat menahan kompresi yang tinggi dan menahan ledakan akibat pembakaran. Bahan untuk pembuatan silinder beraneka macam, ada yang terbuat dari besi tuang dan ada juga yang terbuat dari almunium alloy. Pada silinder head terdapat berbagai komponen, misalnya seperti mechanism ekatup, tempat busi, water jacket dan jaluroli.








3. Gasket Cylinder Head

Gasket Cylinder head terletak diantara kepala silinder dan blok silinder yang fungsinya sebagai perapat agar tidak terjadi kebocoran kompresi, kebocoran oli dan kebocoran air pendingin.

4. Piston dan Connecting Rod


Piston terletak didalam silinder dan bergerak naik turun. Piston inilah yang menerima gaya tekan akibat ledakan yang terjadi di ruang bakar dan diteruskan kebawah oleh conecting rod ( stang piston). Piston kebanyakan terbuat dari almunium alloy. Namun pada mesin-mesin yang berteknologi tinggi piston banyak yang menggunakan bahan yang lain.



5. Crank Sahft atau Poros Engkol


Crank shaft disebut juga dengan nama poros engkol ( ada juga yang menyebut dengan nama krukas ). Di sinilah gerakan naik turun piston diubah menjadi gerak putar.



6. KALTER/ OIL PAN/BAK OLI


Komponen ini terletak di bagian bawah mesin yang fungsinya sebagit empatoli. Oli yang ditampung di bagian ini selanjutnya di pompa oleh oil pump menuju kebagian bagian yang membutuhkan dan selanjutnya kembali lagi kekalter.






Demikian Bagian Bagian Utama Mesin atau Engine Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Kepada Yth,
    Up/Bagian, Import Export
    PT. GLOBAL BARONA PERKASA,Sebagai Perusahaan Jasa Kepabeanan yang menangani Customs Clearance Import via Pelabuhan Di Indonesia maupun Bandara (SEA&AIR)

    PT.GBP, DAPAT MELAYANI BARANG - BARANG SEBAGAI BERIKUT:
    Alat Berat,Elektronik, Mesin Baru,Genset,Furniture,Lampu Led, Kabel, Alumunium, Alat Ukur, Pompa Air,Spare Part, Alat Survey, Besi , Plate Baja &
    Pipa,Garment,Textile,Beji Plastik,Accessories,Alkes, dan semua,komoditi barang bekas dan baru.

    SERVICE PROFIDE:
    1. UNDERNAME IMPORT EXPORT
    2. CUSTOMS CLEARANCE
    3. TRACKING
    4. WAREHOUSING
    5. DOORT TO DOORT
    6. DOMESTIK SELURUH INDONESIA

    AGENT BY AIR FREIGHT AND SEA FREIGHT:
    1. SINGAPORE TO INDONESIA
    2. CHINA TO INDONESIA
    3. TAIWAN TO INDONESIA
    4. MALAYSIA TO INDONESIA
    5. EROPA TO INDONESIA
    6. KOREA TO INDONESIA
    7. Dan BEBERAPA NEGARA LAINNYA

    Not (Jika ada barang yang tertahan di BC,Kami bisa tuk proses pengurusanya.)

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan semoga dapat terjalin kerjasama yang baik.

    PT GLOBAL BARONA PERKASA
    CHANDRA:(WA)0813 1156 8484
    Office: Gedung AKA lantai 2 Room 212
    Jl.Bangka Raya No.2 Jaksel 12720 Indonesia
    Phone : 021-22716626
    Fax : 021-22716636
    E-mail: chandra.global84@gmail.com
    E-mail: imporchandra@gmail.com
    Email:info@pt-gbp.com
    www.pt-gbp.com
    https://imporexpordoortodoor.blogspot.com
    https://www.google.com/search?q=impor+Office:+Gedung+AKA+lantai+2+Room+212+Jl.Bangka+Raya+No.2+Jaksel+12720++Indonesia&newwindow=1&safe=strict&gbv=2&sei=O_h0XJjgBtOQwgORs41Y

    BalasHapus
  2. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial
    Hemat biaya Energi dan listrik
    Mengurangi mikroba & menghilangkan lumut

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus